Rabu, 18 Desember 2013

Kerajinan Tangan Dari Flanel



Hampir semua jenis produk kerajinan tangan dari kain flanel ini menggunakan tehnik tusuk jahit atau tusuk hias. Ada beberapa jenis tusuk yang dipakai dalam pembuatan aneka kerajinan dari kain flanel, yaitu:


Ke-lima jenis tusuk ini bisa anda pelajari dengan sangat mudah dan cepat. Cara ini paling sering digunakan dalam pembuatan kerajinan tangan dari kain flanel karena dianggap paling sederhana, dan dengan menerapkan cara ini, para perajin bisa mengaplikasikan banyak variasi.






Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel, Pembuatan Boneka Dari Flanel


Kali ini sebagai latihan awal, kita akan mencoba belajar membuat boneka mini dari flanel. Cara membuat kerajinan tangan dari kain flanel sebagai berikut:

  1. Silahkan sediakan bahannya, yaitu kain flanel dengan warna sesuai selera, dakron, jarum, benang, dan lem.
  2. Buatlah pola boneka yang anda kehendaki terlebih dahulu pada kain flanel dengan menggunakan pensil atau bisa juga dengan kapur jahit. Pola kain flanel bisa berbentuk binatang, orang, ataupun bentuk yang lainnya. Pola bisa dibuat sebanyak 2 buah yang akan digunakan untuk bagian depan dan belakang boneka.
  3. Gunting pola tersebut.
  4. Tambahkan beberapa aksesoris seperti mata, hidung, dll, dengan menggunakan aksesoris mata tambahan. Atau anda juga berkreasi dengan membuat mata sendiri dengan menggunakan kain flanel dengan warna yang berbeda.
  5. Satukan aksesoris tambahan tersebut dengan menggunakan lem tembak, atau bisa anda sulam sendiri mata kreasi anda.
  6. Setelah itu satukan kedua pola boneka bagian depan dan belakang dengan menggunakan tehnik tusuk feston. Sisakan sedikit lubang untuk mengisi dakron.
  7. Isilah pola boneka yang telah disatukan tadi dengan dakron melalui lubang yang disisakan tadi.
  8. Setelah dirasa cukup penuh, silahkan jahit lubangnya.
  9. Jadilah boneka sederhana.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Widyaa. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Blogger Showcase